Buka Kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Panwaslu, Siti Rahma : Pengawas Terpilih Harus Berkualitas dan Berintegritas

Dalam rangka membentuk panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam), Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menggelar Kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Panwaslu yang berlangsung di Mercure Hotel Jakarta Jl. Gatot Subroto Kec. Mampang, Kota Jakarta Selatan, Rabu (28/09/22).

Kegiatan yang bertemakan “Menjaring Pengawas Pemilu adhoc yang Berkualitas “ dibuka langsung oleh Siti Rahma selaku Koordinator Divisi SDM Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Usai membuka kegitan tersebut Siti menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mepersiapkan Panwascam yang berkualitas dan berintegritas yang saat ini proses rekrutmen sudah melalui tahap pendaftaran.

“kami ingin agar dalam tahapan pendaftaran ini bisa kami kordinasikan agar menghasilkan pengawas kecamaatan yang berkualitas” ungkap Siti Rahma kepada redaksi klikers.id usai membuka acara tersebut.

Ia menambahkan bahwa perekrutan panwascam ini untuk mempersiapkan pengawas selama tiga tahun kedepan.

Lebih lanjut Siti berpesan kepada para peserta yang lolos agar dapat amanah dan bertanggungjawab dalam melakasanakan tugas.

“Kami berharap peserta yang lolos benar-benar mampu melaksanakan tugas wewenangan dan kewajiban dalam menjabat sebbagai pengawas” imbuh Siti

Sementara itu Radian Syah yang mengisi materi pertama pada kegiatan ini menyampaikan bahwa semua masyarakat harus terlibat dalam pengawasan pemilu.

“setiap masyarakat punya hak dalam mengawasi pemilu” kata Radian yang saat ini aktif sebagai Dosen Hukum Tata Negara di Universitas Trisakti.

Ia melanjutkan bahwa pengawasan terhadap pemilu sangat perlu karena nantinya akan melahirkan era pemerintahan yang baru “setiap pemilu akan melahirkan pemerintahan” imbuhnya.

Muhammad Jufri selaku Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menyempatkan hadir dalam kegiatan ini, Jufri menyampaikan bahwa tahun ini psrtidipsdi masyarakat untuk mendaftar pengawas sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun ini antusiasme masyarakat untuk mendaftar pengawas sangat tinggi” ungkap Jufri sekaligus menutup kegiatan ini.

Terakhir Jufri berpesan agar temen-temen bawaslu provinsi dan kota harus selalu kompak selama proses seleksi agar tujuan untuk mengasilkan pengawas yang berkualitas dan berintegritas sesuai yang diinginkan.

Turut hadir Abhan S.H selaku ketua Bawaslu Republik Indonesia (periode 2017-2022), pada kegiatan ini bertindak sebagai pembicara ke-dua.