IGI Bengkayang dan PTIC Singkawang Gelar Pelatihan Daring Mikrosite dan Camtasia Kepada Ratusan Guru Kalbar

Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Bengkayang bekerjasama dengan PTIC Singkawang dan juga berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang memberikan pembekalan dan pelatihan secara daring dalam acara webinar yaitu pemberian materi Mikrosite dan Camtasia untuk pembuatan materi pembelajaran kurikulum merdeka belajar.

Webinar di selenggrakan secara daring dengan dihadiri sedikitnya 250 peserta dari tenaga pendidik pada jumat (29/03/2024) jam 13.30-16.00 WIB.

Webinar nasional mengusung tema “Pemanfaatan Mikrosite dan Camtasia : mendukung percepatan implementasi kurikulum merdeka dan tranformasi digital.”

Webinar dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono, SKM.M.K.M,.

Pada sambutan pembuka Heru Pujiono, SKM.M.K.M mengatakan agar guru selalu untuk mengupdate ilmu dan selalu mengedepankan kolaborasi.

itu sangat penting, sehingga kegiatan apapun bisa terlaksana, termasuk dalam proses pembelajaran,” ujar Heru Pujiono, menambahkan.

Dalam sambutannya pula Heru menyampaikan pentingnya kolaborasi dalam menyukseskan sebuah program. “Kuncinya kolaborasi, seperti kegiatan hari ini sukses berkat kolaborasi antara berbagai institusi untuk menyelnggarakan webinar”. Jelas Heru Pujiono dalam sambutan sekaligus membuka webinar.

Hadir sebagai keynote speaker yaitu Yasin Mohammad perwakilan PTIC pusat dan founder / Direktur Eksekutif LSI-Nusantara (Lembaga Survei Independen Nusantara). Dalam sambutannya Yasin Mohammad menyampaikan pesan tentang pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan apalagi merujuk data terkini dimana 78% atau 221 juta masyarakat Indonesia telah mengakses internat. Tranformasi digitas dunia pendidikan menjadi hal yang tidak terelakkan kedepannya.

Hadir pula sebagai keynote speech Helmi Fauzi mewakili Ketua Dewan Pendidikan Kota Singkawang. Helmi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berhasil menyelenggarakan webinar dan mendukung program program serupa untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Webinar kemudian dilanjutkan dengan paparan narasumber yaitu Eko Hadi Saputra, (Penasihat PTIC Kabupaten Sambas) dengan memberikan materi tetntang Mikrosite.
Narasumber berikutnya adalah Andrianto, S Pd, (Kabid Diklat IGI Kabupaten Bengkayang) yang menyampaikan materi Camtasia.

Terlihat semua peserta antusias mengikuti webinar.

Salah satu peserta, Adnur Suraji, S.T sangat terkesan dengan materi yang disampaikan narasumber.

“Kegiatan webinar hari ini memang luar biasa, banyak ilmu dan pengetahuan baru yang didapat,” imbuhnya.

Kegiatan dimulai pukul 13.30 dan selesai pukul 15.30. Semua peserta berharap kegiatan ini bisa berlanjut.

Alkindi, S.Pd ssbagai moderator memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang aktif bertanya.

Kegiatan kemudian ditutup dengan panitia menyiapkan 10 dorprize berupa buku kepada para peserta yang hadir.