Poros Kiai 9 Jawa Timur Gelar Doa Bersama Untuk Yenny Wahid Jadi Cawapres 2024

Dok. Istimewa.

JATIM, KLIKERS.id – Sembilan pengasuh utama di beberapa pondok pesantren besar di Jawa Timur serta Kiai dan Habaib, menggelar pertemuan di pondok pesantren Al Fatimah, Bojonegoro, Jawa Timur pada Kamis (05/10/2023). Selain melakukan silaturahmi, pertemuan ini juga diisi dengan acara doa bersama.

Pertemuan dimotori oleh pengasuh Pondok Al Fatimah yang juga pendiri Al Fatimah Institute, Dr. KH. Tamam Syaifuddin. Dalam pidatonya, KH Tamam Syaifuddin mengakui bahwa silaturahmi dan doa bersama ini digelar tidak lepas dari perkembangan situasi politik di Indonesia saat ini.

“Yang paling utama dalam kegiatan ini adalah doa bersama para kiai dan habaib untuk bangsa dan negara Indonesia. Ini merupakan ikhtiar dari para Kiai dan habaib, melalui doa bersama ini, bermohon kepada Allah SWT agar bangsa dan negara Indonesia selalu diberikan keberkahan, pertolongan, dan rahmat-Nya,” kata KH Tamam Syaifuddin.

Selain itu, melalui doa bersama ini, para Kiai dan Habaib memohon kepada Alloh SWT agar keluarga dari dzuriah Mbah Hasyim Asyari dan Gus Dur, khususnya Zannuba Ariffah Chafsoh atau Mbak Yenny Wahid tetap selalu diberikan kesehatan, dimudahkan, dan dilancarkan dalam perjuangan untuk Islam dan bangsa Indonesia.

Terkait nama Yenny Wahid, KH Tamam Syaifuddin mengungkapkan bahwa inisiatif kegiatan doa bersama ini memang berasal dari munculnya pemberitaan media, yang belakangan ini banyak menyebut nama Yenny Wahid sebagai Cawapres potensial di 2024.

“Mbak Yenny Wahid adalah figur sosok tokoh nasional, mewakili warga nahdliyin, mewakili para perempuan Indonesia, yang konsisten memperjuangkan keadilan dan perdamaian, Mbak Yenny merupakan penerus perjuangan almarhum Gus Dur dan Mbah Hasyim Asy’ari sekaligus cucu Hadratussyaikh Mbah Hasyim Asy’ari, putri Gus Dur. Putri ibu Sinta Nuriyah yang beberapa tahun yang lalu juga hadir di Pondok peresmian gedung pondok Karena itu, kami Kiai dan Habaib menggelar doa bersama agar Mbak Yenny Wahid bisa dikabulkan hajatnya berjuang di jalur politik dan kepemimpinan nasional yaitu sebagai Cawapres di Pilpres 2024 nanti,” Kata Dr. K.H. Tamam Syaifuddin dalam sambutan doa bersama.

Kiai Tamam Syaifuddin menambahkan, sosok Yenny Wahid secara akdemis sudah terbukti, aktif di pengurus muslimat NU, direktur Wahid institute, aktivis di berbagai kegiatan di luar negeri. pengalaman Yenny Wahid sudah terbukti dan layak jadi pemimpin.

Disampaikan pula, pertemuan para Kiai dan Habaib yang juga dikenal sebagai Poros Kiai 9 Jawa Timur ini digelar dalam rangka ikhtiar spiritual untuk kebaikan bangsa dan negara menjelang pesta demokrasi yaitu Pilpres 2024.

“Hari kami bersama para Kiai dan Habaib dan para santri-santri millenial, bersama-sama mendoakan Mbak Yenny Wahid supaya dikabulkan perjuangannya untuk kebangkitan bangsa Indonesia dengan menjadi Cawapres di Pilpres 2024,” kata Dr. KH. Tamam Syaifuddin di hadapan awak media usai menggelar doa bersama.

Doa bersama kiai dan Habaib digelar mulai pukul 14.00. Kegiatan diawali dengan silaturahmi dan ramah tamah para Kiai dan Habaib, yang kemudian dilanjutkan dengan doa bersama penuh hikmat dengan dipimpin langsung oleh Dr. KH. Tamam Syaifuddin.

“Semoga doa bersama kita hari ini dapat membuka hati dan pikiran para elit sehingga Mbak Yenny Wahid bisa menjadi Cawapres di Pilpres 2024,” tambah Dr. K.H. Tamam Syaifuddin.

Hadir dalam doa bersama ini KH. Khamim (Pon Pes Assalam), Habib Qodir, Habib Hamid, KH. Amin, KH. Muhadi, Gus Muh, KH. Bisri, KH. Imam Syafi’i, Kyai Sayi’i, Mbah Ali, Kyai Hafidz, Kyai Rokhim dan Gus Un.

Acara doa bersama juga dihadiri oleh ratusan santri millenial yang bersama-sama ikut mendoakan Mbak Yenny Wahid Cawapres 2024.